Kamis, 01 Februari 2018

KONDISI PENDIDIKAN



KONDISI PENDIDIKAN
BANDANG DAJAH

Pendidikan merupakan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar menjadi manusia yang memiliki manfaat untuk dirinya sendiri, masyarakat, dan bangsa. Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kesejahteraan dan khususnya pada tingkat perekonomian yang ada di Indonesia. Melalui adanya pendidikan maka akan tercipta suatu individu dengan segala keahlian dan kreativitasnya, sehingga akan mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan membantu program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan perekonomian, mendongkrak kemiskinan, serta khususnya dapat mengurangi angka buta huruf yang ada di Desa Bandang Dajah dengan jumlah sekitar 21 orang yang mengalami buta huruf.
Pendidikan akan merubah pola pikir masyarakat yang dahulunya masi kental dengan suatu tradisi dan menganggap tidak pentingnya pendidikan khususnya bagi kaum perempuan. Seiring dengan berjalannya waktu pola pikir akan berubah menjadi lebih modern. Dengan adanya pendidikan dapat mengurangi angka pernikahan dini. Karena di Desa Bandang Dajah ini, kebudayaan adanya menikah di usia yang sangat muda masih sering dilakukan. Banyak anak remaja khusunya perempuan yang mengalami putus sekolah dengan pemikiran bahwa pendidikan bagi kaum wanita tidak banyak
 diperlukan, karena wanita akan berada di kehidupan rumah tangga juga nantinya.
Pendidikan Formal di Bandang Dajah
No.
Jenis Pendidikan
Keterangan
Nama Lembaga
Jumlah
Siswa
Ada
Jumlah
  1.
Taman Kanak-kanak (TK)
-
-
-
-
2.
 SD/Sederajat
4
1. MI Raudhatul Hidayah
42




2. SD 01 Bandang Dajah
227




3. SD 02 Bandang Dajah
202




4. SD 03 Bandang Dajah
182
3.
SMP/Sederajat
1
MTs Miftahul Ihsan
66
4.
SMA/Sederajat
-
-
-
-
5.
Universitas/Sekolah Tinggi
-
-
-
-
Jumlah


Pendidikan Penduduk Bandang Dajah
No.
Keterangan
Jumlah
1.
Penduduk usia 10 tahun ke atas yang buta huruf
21
Orang
2.
Penduduk tidak tamat SD/sederajat
46
Orang
3.
Penduduk Tamat SD/sederajat
1570
Orang
4.
Penduduk Tamat SMP/sederajat
850
Orang
5.
Penduduk Tamat SMA/sederajat
581
Orang
6.
Penduduk Tamat D – 1
15
Orang
7.
Penduduk Tamat D – 2
 -
Orang
8.
Penduduk Tamat D – 3
 -
Orang
9.
Penduduk Tamat S – 1
 27
Orang
10
Penduduk Tamat S – 2
-
Orang
11.
Penduduk Tamat S – 3
 -
Orang



Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh, menunjukkan bahwa masyarakat Desa Bandang Dajah memiliki tingkat pendidikan yang sangat minim. Dari 4784 orang penduduk, ada beberapa penduduk desa Bandang Dajah yang mengalami buta huruf sebanyak 21 orang. Hal ini juga didasarkan pada data yang menunjukkan lebih dari 1570 orang hanya menempuh pendidikan SD/sederajat, dan 46 orang tidak tamat SD/sederajat.  Sedangkan yang tamat sekolah SMP/sederajat sebanyak 850 orang, serta yang pendidikan tamat SMA/sederajat hanya sebanyak 581 orang. Minat pendidikan perguruan tinggi di Desa Bandang Dajah sangat memprihatinkan, berdasarkan data yang diperoleh hanya ada sekitar 15 orang yang tamat pendidikan D-1, dan 27 orang yang tamat pendidikan sekolah perguruan tinggi. Selebihnya merupakan bayi, balita, dan orang yang tidak pernah memasuki pendidikan formal.
Salah satu upaya untuk membentuk masyarakat Bandang Dajah dalam meningkatkan minat pendidikan adalah dengan adanya lembaga pendidikan di Desa Bandang Dajah sendiri. Desa Bandang Dajah sudah memiliki banyak lembaga pendidikan. Ada 3 lembaga pendidikan SD/sederajat di Desa Bandang Dajah, diantarannya yaitu MI Raudhatul Hidayah, SD 01 Bandang Dajah, SD 02 Bandang Dajah, dan SD 03 Bandang Dajah. Sedangkan pada tingkat SMP/sederajat di Desa bandang Dajah ini memiliki 1 lembaga yakni MTs Miftahul Ihsan. Namun dalam pendidikan PAUD dan TK, di Desa Bandang Dajah belum bisa berkembang. Meskipun sudah pernah terbentuk lembaga TK namun memiliki permasalahan sehingga menjadikan lembaga TK ini tidak berlanjut. Dengan adanya lembaga pendidikan di Desa Bandang Dajah ini diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat terhadap keinginan untuk menempuh pendidikan hingga mencapai perguruan tinggi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Bandang Dajah

Terkait Desa

Temukan hal menarik dari Bandang Daya
Diberdayakan oleh Blogger.

Cloud Labels

About me

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *