Bandang Dajah


Breaking News

Jumat, 05 Agustus 2016

SEJARAH DESA BANDANG DAJAH

Desa Bandang Dajah merupakan salah satu desa yang berada di dalam wilayah administratif Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Tidak banyak yang dapat diketahui dari desa yang luas dan kaya akan potensi ini. Namun, berdasarkan beberapa informasi yang kami peroleh dari narasumber yang bisa dipercaya, Bandang Dajah memiliki sejarah tersembunyi yang tidak semua warganya mengetahui akan seluk-beluk sejarah yang ada. Meski tidak diketahui secara mendalam akan hal ini, namun kami berusaha mengungkap sejarah yang hampir redup di telinga para pemuda-pemudi desa.
Mulanya terjadi banjir bandang di daerah selatan, yaitu di daerah Kecamatan Kokop bagian utara, tepatnya Desa Bandang Laok. Struktur geografis di Desa Bandang Laok yang berupa perbukitan yang lebih tinggi daripada wilayah utara menjadikan banjir bandang yang mulanya menuju wilayah selatan berubah haluan menuju ke arah utara yang notabene wilayah daratannya lebih rendah, yaitu Desa Bandang Dajah. Inilah yang menjadikan desa ini dinamakan dengan Bandang yang berarti banjir bandang, dan Dajah yang dalam bahasa Madura berarti utara, sehingga dinamakan dengan Desa Bandang Dajah. Dalam upaya pendiriannya, tidak diketahui secara sejarah siapa tokoh yang berandil penuh dalam pendirian desa dan penamaannya. Namun, terdapat dua tokoh yang namanya cukup berpengaruh di desa ini. Mereka adalah Bhujuk Congkop dan Bhujuk Nata. Bhujuk Congkop dengan nama asli Cokroningrat yang berasal dari Arosbaya merupakan tokoh yang berpengaruh dalam penyebaran agama islam di desa ini.

Dalam upaya penyebaran tersebut, dia melakukannya bersama Bhujuk Nata selaku tokoh agama yang asli warga Desa Bandang Dajah. Inilah yang menjadikan peran keduanya sangat mempengaruhi religiusitas masyarakat Bandang Dajah yang mulanya banyak yang non-islam menjadi mayoritas beragama islam setelah peran dan andil kedua tokoh tersebut. Keduanya pun dimakamkan saling bersebelahan di sekitar halaman balai desa. Jadi, dalam hal kaitannya dengan asal-usul nama desa tidak bisa diketahui secara pasti siapakah yang berperan dalam pemberian nama “Bandang Dajah” sebenarnya. Hal ini dikarenakan tidak adanya upaya pewarisan cerita leluhur kepada para generasi mudanya. Umumnya mereka hanya mengetahui sejarah singkat seperti apa yang telah kelompok kami jelaskan di atas.
Papan Penunjuk Arah ke Balai Desa

              Suasana Balai Desa                                                   Makam Bhujuk
   yang Terlihat Pasif di Kesehariannya                         Congkop dan Bhujuk Nata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © KKN 2016 Desa Bandang Daya, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan | Designed By Published.. Blogger Templates