Bandang Dajah


Breaking News

Rabu, 03 Agustus 2016

PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI SISWA


Pada dasarnya, manusia diciptakan supaya memeroleh pendidikan. Pendidikan adalah salah satu faktor penentu kebahagiaan hidupnya. Mulai dari bayi, manusia selalu mengalami proses pendidikan. Pendidikan itu ditunjukkan dari proses mereka tumbuh. Pendidikan pertama dan  utama adalah pendidikan dari keluarga terutama orang tua. Orang tua menjadi cerminan bagi anak-anaknya. Untuk itu, orang tua diwajibkan memberikan pendidikan dan contoh yang baik bagi mereka. Sedangkan di desa Bandang Dayah lebih banyak orang tua yang meninggalkan anak-anaknya untuk merantau. Sehingga pendidikan anak-anaknya kurag diperhatikan.

Desa Bandang Dajah kecamatan Tanjung Bumi merupakan salah satu desa yang  minim akan pendidikan formal. Di desa tersebut yang kami pahami lebih mementingkan pendidikan informal. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah sekolah dan waktu pelaksanaan belajar mengajar lebih banyak pendidikan informal dari pada pendidikan formal. Di desa Bandang Dayah ada tiga tingkat Sekolah Dasar Negeri dan tujuh Madrasah Diniyah. Cerita ini kami mulai dari Sekolah Dasar Negeri 1, 2, dan 3, desa Bandang Dayah kecamatan Tanjung Bumi. Sekolah Dasar Negeri 1 Bandang Dayah adalah salah satu sekolah yang memunyai siswa lebih banyak dibandingkan Sekolah Dasar lainnya yang ada desa Bandang Dayah Tanjung Bumi. Untuk menuju sekolah tersebut, kami harus melewati jalan yang berkelok dengan kondisi jalan yang lumayan rusak. Ketika sudah sampai di sekolah kami dikejutkan dengan kondisi kelas yang mengharukan. Banyak siswa yang tidak memunyai buku pegangan. Yang ada hanyalah tumpukan buku untuk guru dan itu pun sudah rusak. Dari segi fasilitas, sekolah tersebut masih bisa dikatakan dengan tingkat rendah.
Siswa bisa keluar masuk kelas dengan seenaknya, seragam yang tidak rapi, dan sebagainya. Pada saat memakai seragam sebagian siswa perempuan ada yang melepas kerudung dengan alasan gerah. Seharusnya hal tersebut tidak boleh dilakukan. Ada juga siswa yang tidak memakai celana seragam sekolah, tidak memakai sepatu. Bahkan ada juga salah satu dari siswa yang mengajak adiknya untuk masuk kelas. Padahal, untuk aturan pendidikan formal, hal tersebut tidak boleh dilakukan. Semua siswa harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan. Mengutip dari peraturan pendidikan, bahwa setiap sekolah memunyai tata tertib yang harus dilakukan oleh siswa. Peraturan-peraturan tersebut dapat berupa waktu dan juga seragam siswa. Sedangkan yang kami temukan di lapangan, hal tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan.

Dengan melihat kondisi tersebut, kami bermaksud memberikan motivasi kepada siswa supaya mereka memunyai pandangan yang luas tentang pendidikan. Mereka memunyai gambaran bahwa pendidikan itu sangatlah penting. Setelah itu, diharapkan dapat menambah jumlah siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © KKN 2016 Desa Bandang Daya, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan | Designed By Published.. Blogger Templates