Bandang Dajah


Breaking News

Rabu, 10 Agustus 2016

MENDONGKRAK EKONOMI PEDESAAN BANDANG DAJAH


Saat ini, ada anggapan yang keliru ditengah masyarakat. Bahwa bekerja di kota besar adalah hal yang menjanjikan dibandingkan dengan pedesaan. Arus urbanisasi yang cukup tinggi dengan kualitas SDM yang rendah, semakin menambah masalah dan beban bagi kota-kota besar.
            Pemanfaatan sumber daya alam yang tepat akan menciptakan konsep ekonomi pedesaan dan dapat menambah nilai bagi desa. Tak terkecuali Desa Bandang Dajah yang letaknya di kawasan perbukitan, tepatnya bagian selatan Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Di sepanjang jalan desa, akan tampak hamparan pohon sukun dan pohon siwalan. Pohon sukun dan siwalan tersebar hampir di 7 dusun yang ada di Bandang Dajah.

Potensi lain yang ada, yaitu komoditas tanaman kedelai. Namun hanya satu dusun yang mengandalkan komoditas kedelai sebagai mata pencaharian yaitu dusun Dangkah. Komoditas yang paling diandalkan masyarakat Bandang Dajah adalah komoditas buah sukun. Masyarakat hanya sebagai pemasok buah sukun kepada pengepul. Dengan cara ini, masyarakat hanya akan memperoleh pendapatan yang minim. Karena harga per buah hanya kisaran Rp 1.000,-.



            Usaha yang dapat dilakukan untuk mendongkrak perekonomian Desa Bandang Dajah yaitu industri perdagangan. Membangun usaha mikro pengolahan buah sukun maupun siwalan seperti, kripik, tepung sukun, nata de coco dari siwalan sehingga akan menambah kekuatan ekonomi desa. Adanya usaha mikro akan menyerap tenaga kerja, sehingga menurunkan angka pengangguran.
            Pariwisata, merupakan sektor yang dapat pula diandalkan. Tak terkecuali di Desa Bandang Dajah. Terdapat wisata gua yang belum banyak tereksplor masyarakat luas. Letaknya yang jauh dari pemukiman warga dan medan yang melewati perbukitan, adalah tantangan tersendiri sebagai daya tarik wisata ini.

  

             Budaya masyarakat yang masih sangat tradisional dan bergantung pada alam, membuat kawasan bukit di sekitar gua tak banyak dijamah manusia. Pohon yang masih rimbun, hamparan rumput yang luas, indahnya perbukitan sepanjang mata memandang dan sesekali kita temui jalan bebatuan, menambah kesan petulangan ringan yang dapat dilakukan kapan saja demi menuju Gua Binni’. Gua yang kita bisa sebut “Hidden Paradise” di Desa Bandang Dajah. - NLM -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © KKN 2016 Desa Bandang Daya, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan | Designed By Published.. Blogger Templates