Bandang Dajah


Breaking News

Jumat, 05 Agustus 2016

LETAK GEOGRAFIS


Secara geografis, Desa Bandang Dajah berada di sebelah utara dari Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Bangkalan. Kecamatan Tanjung Bumi masuk dalam wilayah pesisir utara dari Pulau Madura. Meskipun demikian, Desa Bandang Dajah tidak berbatasan langsung dengan pantai. Desa Bandang Dajah dikatakan sebagai desa yang wilayahnya berada di sebelah selatan dari semua desa yang masuk dalam wilaYah administratif Kecamatan Tanjung Bumi. Desa Bandang Dajah terdiri dari perbukitan kapur yang memang dijadikan sebagai masyarakatnya sebagai area tambang batu.
  1. Sebelah Utara berbatasan langsung dengan Desa Tanjung Bumi.
  2. Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Desa Bandang Laok Kecamatan Kokop.
  3. Sebelah Barat berbatasan langsung dengan Desa Tagungguh dan Desa Macajah.
  4. Sebelah Timur berbataan langsung dengan Desa Bungkeng.

 Peta Desa Bandang Dajah

Adapun iklim di desa ini cenderung panas di siang hari, serta dingin di malam dan pagi hari. Hal ini diakibatkan letaknya yang hanya berjarak + 6 KM dari pantai. Tekstur tanah yang banyak terdiri dari tanah kapur dengan kandungan air yang sedikit menjadikan banyak lahan pertanian yang sudah tidak produktif lagi. Kebutuhan air warga masih mengandalkan sungai yang ada di desa ini untuk segala macam kebutuhan di musim kemarau. Namun, jika di musim hujan para warga mengandalkan air hujan sebagai sumber penghidupan. Kondisi ini terjadi di semua dusun yang ada. Sehingga sudah menjadi hal wajar apabila perlu usaha lebih keras  bagi warga yang berada di dusun terjauh dari sungai dalam mendapatkan sumber air sungai di kesehariannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © KKN 2016 Desa Bandang Daya, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan | Designed By Published.. Blogger Templates