Bandang Dajah


Breaking News

Rabu, 03 Agustus 2016

KREASI BUAH SUKUN



     Desa bandang dajah merupakan Desa yang memiliki potensi sumberdaya alam berupa buah sukun. hal ini dapat dilihat disepanjang mata memandang  wilayah Desa tumbuh subur pepohonan sukun. Sukun merupakan jenis pohon yang berbuah, tidak memiliki biji dan bagian dalam buah memiliki tekstur yang empuk mirip roti setelah dimasak ataupun digoreng. Selama ini warga Desa Bandang dajah memanfaatkan buah sukun hanya untuk dijual secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu sehingga nilai jualnya rendah. Rata-rata buah sukun dijual dengan harga Rp. 2.500/buah  sehingga kelompok KKN 24 UTM tertarik untuk meningkatkan nilai jual buah sukun dengan cara mengolah buah sukun menjadi tepung sukun yang nantinya dapat dijadikan aneka olahan makanan seperti bolu sukun, cookies sukun, stick sukun, puding sukun dan es sumsum sukun.

      Kreasi buah sukun hari pertama dilaksanakan di Dusun Dangka tepatnya di kediaman Bapak Kepala Dusun  pada hari senin tanggal 25 juli 2016, selanjutnya hari kedua dilaksanakan pada hari selasa tanggal 26 juli di Dusun Tebenah, dan hari ketiga dilaksanakan pada hari rabu tanggal 27 juli di Dusun Mangkon. Kali ini team KKN 24 UTM akan memberikan pelatihan kreasi buah sukun menjadi bolu sukun kukus dengan mengundang ibu-ibu rumah tangga dan remaja wanita sebagai sasaran kegiatan. Acara ini dipandu oleh Della Rizcha Amalia selaku pembawa acara dari anggota KKN 24 UTM, dan tidak lupa didampingi oleh  Penanggung jawab kegiatan  Sindy Nurmayasari. Pertama menjelaskan cara pembuatan tepung sukun, kemudian dilanjutkan cara membuat bolu sukun kukus dari proses awal pembuatan adonan hingga proses pengukusan.
  Peserta sangat antusias dalam kegiatan ini karena sebelumnya belum ada olahan dari tepung sukun sehingga warga banyak yang mengajukan pertayaan yang inilah yang itulah sehingga suasana menjadi lebih hidup dan akrab. Tidak lupa di akhir acara kita melakukan foto bersama warga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © KKN 2016 Desa Bandang Daya, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan | Designed By Published.. Blogger Templates